Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Komputer/Laptop di Linux

Cara cek spesifikasi komputer di linux dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah dengan menggunakan Terminal. Cara mengetahui spesifikasi komputer/laptop anda dilakukan dengan cara mengettikan perintah dasar Linux yang akan memberikan informasi balik kepada kita tentang apa saja informasi yang anda butuhkan lengkap mengenai spek komputer anda seperti spesifikasi Processor, RAM, dan juga Partisi pada komputer anda.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah agar lebih mudah dan lebih mendalam belajar komputer atau belajar linux anda perlu memahami struktur hirarki di Linux. Hal ini tentu akan mempermudah untuk belajar lebih jauh mengenai Linux. Namun, pada kesempatan kali ini cukup kita menggunakan cara mudah mengetahui spesifikasi komputer/laptop kita dengan menggunakan perintah berikut ini :


Cek Ram di Linux

sudo head  /proc/meminfo

Cara Cek Prosesor di Linux

sudo head  /proc/cpuinfo

Cek Partisi di Linux

sudo head /proc/partitions

Cara lengkap mengetahui spesifikasi komputer/laptop di Linux anda juga bisa mengetikkan perintah dasar linux berikut ini :

$ sudo lshw

Setelah mengetikkan perintah-perintah dasar tersebut tentu anda mendapatkan informasi terkait apa saja yang ada pada komputer/laptop anda. Jadi silahkan dipahami dan selamat mencoba.
posted by : Ranger Putih
Tech News - Gadget | New-Paragraph | Computer Tips TricksUpdated at: 08.33

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...