Macam-Macam Shell di Linux Beserta Penjelasan

Setelah kita membahas tentang pengertian dan kelebihan Shell di Linux, berikut ini adalah informasi mengenai macam-macam shell di linux. Apa sajakah macam-macam shell di Linux?
Macam-macam shell yang sering digunakan dalam sistem operasi Linux diantaranya adalah :
  • Bourne shell(sh)
  • C shell(csh)
  • Korn shell(ksh)
  • Bourne again shell(bash)
  • dsb.
Setiap jenis shell tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan kebutuhan user masing-masing. Berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai beberapa macam-macam shell di Linux

Bourne Shell
Diciptakan oleh Steven Bourne. Shell pertama di Unix. Bourne shell merupakan bahasa pemrograman shell yag cukup baik namun kurang nyaman dalam interaktivitas karena tidak dilengkai fasilitas command line completion atau auto complete. Sehingga penulisan script harus dilakukan secara manual.

C Shell
Bill Joy mengembangkan bahasa pemrograman shell yang lebih mirip dengan bahasa pemrograman C bagi sebagaian orang dianggap lebih sulit. Kelebihan bahasa pemrograman shell ini daripada Bourne shell adalah sudah tersedia fitur command line completion atau auto complete. Untuk melengkapi perintah kita hanya perlu menekan tombol Tab.

Korn Shell
Diciptakan oleh Dave Korn. Shell ini merupakan penyempurnaan dari kedua shell sebelumnya yaitu Bourne shell dan C Shell. Memiliki interaktivitas yang baik dan gaya pemrograman yang lebih mudah.

Bourne Again Shell (Bash)
Merupakan bahasa pemrograman shell yang saat ini banyak dipakai pada sistem operasi linux. memliki interaktivitas yang lebih sempurna daripada sebelumnya serta gaya bahasa pemrograman yang lebih mudah untuk digunakan.
Untuk mengetahui dan mengganti shell yang kita gunakan. ketikkan perintah berikut :
$echo $BASH_VERSION
bash 2.04.12(1)-release
Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkan artikel mengenai macam-macam shell.

posted by : Ranger Putih
Tech News - Gadget | New-Paragraph | Computer Tips TricksUpdated at: 06.19

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...