Pengertian filesystem/sistem berkas pada sistem operasi


Filesystem atau sistem berkas adalah database khusus untuk penyimpanan, pengelolaan, manipulasi dan pengambilan data. Lebih khusus pengertian Filesystem :

Filesystem/sistem berkas merupakan metode untuk menyimpan dan mengatur file-file dan data yang tersimpan didalamnya untuk membuatnya mudah diakses dan ditemukan.

Hubungan filesystem dan sistem operasi

Pada umumnya setiap sistem operasi mempunya filesystem yang tugasnya untuk memanajemen file. Pada sistem operasi masa kini memiliki komponen terpisah untuk menangani filesystem yang dulunya disebut disk operasting system (DOS). Dalam beberapa microcomputer, DOS diload secara terpisah dari bagian yang lain.

Oleh sebab itu, dibutuhkan interface antara filesystem dan user yang disediakan oleh software dalam sistem operasi. Interface ini dapat berupa textual seperti Unix Shell atau grafis seperti file browser. Jika berupa grafis, seringkali digunakan metafora seperti folder, isi, dokumen, file dan direktori folder.

Filesystem pada Linux

Sistem operasi Linux yang didasari dari Unix, mendukung banyak filesystem yang berbeda, tapi pilihan yang umum untuk sistem diantaranya adalah keluarga ext* (ext2, ext3 dan ext4), JFS, XFS dan ReiserFS.

Filesystem pada Windows

Pada sistem operasi windows banyak menggunakan filesyste FAT dan NTFS. FAT (File Allocate Table) adalah Evolusi filesystem yang digunakan dalam MS DOS. Selama beberapa tahun, banyak fitur telah dikembangkan yang terinspirasi dari fitur serupa yang ada pada filesystem yang dipakai Linux.

Filesystem pada Mac OS X

Pada sistem operasi Mac OS X menggunakan filesystem HFS Plus. HFS Plus adalah filesystem yang kaya metadata dan case preserve. Karena Mac OS X mempunyai root semacam root yang juga dimiliki oleh sistem operasi Linux turunan dari Unix, aturan Unix juga ditambahkan dalam HFS Plus. Versi terbaru dari HFS plus menambahkan journaling untuk mencegah kerusakan pada struktur filesystem dan mengenalkan sejumlah optimasi dalam hal algoritma alokasi dalam usaha untuk memecah fie secara otomatis tanpa membutuhkan defragmenter luar.




posted by : Ranger Putih
Tech News - Gadget | New-Paragraph | Computer Tips TricksUpdated at: 07.11

3 komentar:

Sandi Prayoga mengatakan...

bagus pengertiannya sob,,,
memabntu banget nih buat anak perkuliahan, khususnya yg ambil jurusan komputer...

Regard
Cookies.web.id

New Paragraph mengatakan...

Dear Sandi Prayoga,

Semoga bermanfaat gan :)

nanang dermawan mengatakan...

dewo kk sayang ana masih ccd lom ngerti banyak masih plu banyak belajar jadi dikit susah ngerti TY sebelumnya

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...