Mengapa pinguin menjadi logo/maskot Linux?

Sistem operasi linux adalah sebuah sistem operasi bebas dan open source. Linux juga merupakan sebuah sistem operasi yang gratis dengan menggunakan lisensi GPL. Mengapa linux bisa gratis, telah kami posting pada potingan Mengapa linux ubuntu bisa gratis?. Linux mempunyai sebuah maskot yang sudah sangat sering kita lihat yaitu seekor pinguin. Pinguin yang menjadi maskot linux ini disebut dengan nama TUX. 

Tux sendiri bersal dari sebuah sebuah kata "(T)orvalds (U)ni(X)" dan berikut penjelasan mengenai Tux yang diambil dari wikipedia sebagai berikut :
Tux (juga dikenal sebagai Tux si Pinguin) adalah maskot resmi dari kernel Linux. Konsep memperkenalkan seekor pinguin sebagai maskot dari Linux datang dari Linus Torvalds, sang pencipta Linux. Tux kemudian dibuat oleh Larry Ewing pada tahun 1996 setelah ide awal yang berasal dariAlan Cox dan penyempurnaan akhir oleh Linus Torvalds dalam milis kernel Linux. Orang pertama yang menamai penguin tersebut "Tux" adalah James Hughes yang menamainya berdasar "(T)orvalds (U)ni(X)".

Menurut cerita, alasan mengapa pinguin menjadi maskot/logo linux adalah sebuah pengalaman pribadi yang dialami oleh Linus Torvald saat berjalan-jalan ke sebuah taman di daerah selatan Australia yang bernama taman perth. Terjadilah sebuah insiden dimana sang Linus Torvald dipatuk oleh seekor pinguin yang mengakibatkan dia demam berhari-hari. Begitulah diyakini menjadi dasar inspirasi mengapa pinguin menjadi logo/maskot linux.

Dengan harapan ketika orang sudah mulai mengenal linux dia tak bisa tidur dan demam linux agar selalu terjaga setiap siang dan malam untuk mengoprek sistem operasi linux tersebut.

posted by : Ranger Putih
Tech News - Gadget | New-Paragraph | Computer Tips TricksUpdated at: 09.30

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...