Mengapa Linux Ubuntu Gratis?

Ubuntu linux adalah salah satu sistem operasi linux yang banyak digunakan oleh pengguna linux pada umumnya. Ubuntu merupakan sistem operasi keturunan debian yang didukung oleh perusahaan besar asal negara afrika selatan yang dikenal dengan canonical. Tentu saja, Linux Ubuntu didistribusikan secara bebas atau open source. Pernahkah kita berpikir, Bagaimanakah bisa linux Ubuntu bisa gratis? Mengapa perusahaan canonical susah-suah menggratiskan ubuntu, apa mereka tidak merugi atau bangkrut?

Gratis itu artinya kebebasan "Free as in freedom" . Kebebasan menggunakan, menyebarluaskan dan memodifikasi sisitem operasi linux itulah lisensi dari linux ubuntu ini yang kita sebut GPL. Jadi, bukan berarti kita bisa benar-benar gratis. Contoh kecil : Linux itu adalah sistem operasi yang gratis akan tetapi apabila kita ingin menginstal di komputer. Kita butuh CD atau Flashdisk yang digunakan sebagai sarana kita untuk menginstall di komputer kita, betul? lalu apakah kita juga bisa mendapatkan CD dan flshdisk tersebut secara gratis? yah, tentu tidak, Ada sebuah harga yang dibayar untuk itu kan?

Jadi, bukan berarti gratis ini kita benar-benar cuman menadahkan tangan menerima ke-gratis-an secara cuma-cuman dan menadahkan tangan tanpa usaha. Artinya gratis adalah bebas jadi jangan salah mengartikan hal tersebut yang justru menjadi boomerang kita memaknai mentah-mentah arti gratis. lha wong kencing aja ada harganya coy, betul tidak?

Linux ubuntu adalah proyek resmi yang didanai oleh canonical perusahaan asal afrika selatan yang mendukung penuh terhadap sistem operasi ubuntu dengan selalu merilis setiap 6 bulan sekali dg nama rilis yang berbeda tiap rilisnya. Perusahaan canonical memang benar adanya membagikan CD ubuntu secara gratis dengan cara kita memesan lewat shipit. Lha sekarang bagaimana mereka bisa tetap berdiri sampai sekarang? Rahasianya adalah service profesional atau dukungan resmi terhadap trouble shooting di linux ubuntu. Canonical memberika jasal pelayanan terhadap segal permasalahan yang ada di ubuntu seperti : training, maintenance dan konsultasi. Mereka tidak mengambil keuntungan dari inux ubuntu yang memang ber-lisensi GPL. Akan tetapi mereka mendapatkan penghasilan dari keringat mereka dalam menyediakan jasa pelayanan pelanggan/perusahaan besar yang menggunakan linux ubuntu dalam kegiatan perusahaanya. Itu masuk akal bukan?

Artinya kita bisa saja sebut linux ubuntu gratis, akan tetapi apakah kita iyah segitunya dengan mental meminta-minta dan selalu ingin mendapatkan gratis tanpa usaha. Tentu saja, jasa pelayanan customer dan konsultasi tersebutlah salah satu bentuk menghargai usaha orang lain dg meberikan imbalan atas keringat orang lain.

Kesimpulan : Gratis itu bebas, tapi sebebas-bebasnya orang pasti butuh makan juga.

Semoga bermanfaat


posted by : Ranger Putih
Tech News - Gadget | New-Paragraph | Computer Tips TricksUpdated at: 07.32

3 komentar:

bambang mengatakan...

hehehe... tapi kan lumayan juga,toh kita ga butuh tutorial sampe ke system2nya drpd pake WX*&^%$#37*&)"_S alias wes ewes ewes... kena virus,harus pake run as admin,loading berat,dikejar2 lisensi,dll

New Paragraph mengatakan...

Yah yang penting adalah kita mengetahui dan sebisa mungkin menghargai karya orang lain. Saya juga sangat suka dapat gratisan.. apalgi makan gratis :)

Sagala mengatakan...

Memang betul, untuk keperluan ruang lingkup kecil kita tidak memerlukan jasa support dll dari mereka tapi kalau sudah berbicara sekala besar misalnya sebuah perusahaan besar maka tentu memerlukan jasa support, maintenance dll.

info yang sangat menarik :)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...